Sidebar

21
Sat, Jul
Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

BP Karimun-Karimun; Selasa (13/3) lalu, BP Karimun memfasilitasi acara “Seminar Bisnis dan Temu Calon Pelanggan” PT. Karimun Power Plant (PT.KPP) dengan para pengusaha di Kawasan FTZ Karimun.

Read more: Seminar Bisnis PT. Karimun Power Plant

BP Karimun-Padang; 15-17 Oktober 2017, BP Karimun ikut berpartisipasi dalam acara “Regional Investment Forum” yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi

Read more: Regional Investment Forum Sumatera Barat 2017

BP Karimun-HK; 27 s/d 30 Nopember lalu, BP Karimun berpartisipasi sebagai peserta Delegasi RI (DELRI) dalam kegiatan “Joint Investment Promotion (JIP) BBK di Hong Kong dan Benchmarking ke Shenzhen (China)”, yang diselenggarakan dengan kerjasama Kemenko Perekonomian RI,

Read more: BBK Joint Investment Promotion dan Benchmarking

Singapore; Akhir Nopember lalu, BP Karimun berpartisipasi dalam acara Joint Investment Promotion Batam-Bintan-Karimun,

Read more: Joint Investment Promotion Indonesia - Singapura

Berita Lokal
Typography

Batam; Keinginan sejumlah pengusaha impor sayuran akhirnya terwujud. Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun akhirnya diperbolehkan menjadi pintu masuk impor sayur dan buah-buahan. Pemerintah Pusat berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 15 dan 16 Tahun 2012, mulai 19 Juni, menyatakan produk hortikultura hanya boleh masuk keempat wilayah yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Perak Surabaya, Pelabuhan Belawan Medan dan Pelabuhan Makassar. Namun mengecualikan tiga pelabuhan di wilayah Free Trade Zone Batam, Bintan dan Karimun. Karimun menjadi pintu dengan syarat tidak merembes keluar wilayah FTZ. Namun Peraturan Menteri tersebut diundur pelaksanaannya hingga 28 September mendatang.

 

 

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam Suhartini membenarkan. Suhartini melalui pesan singkat mengatakan Batam juga sudah tercatat sebagai pintu masuk juga. "Sudah, Batam sudah ditetapkan sebagai pintu masuk juga," ujarnya. Namun di lain pihak, Sekretaris Dewan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas BBK, Jon Arizal justru mengaku belum terima surat pemberitahuan secara resmi dari Kementerian Pertanian maupun Kementerian Perdagangan terkait pengecualian yang diberikan itu.

 

 

"Secara tertulis belum kita terima, tapi Dewan Kawasan berjuang terus agar pengecualian ini bisa kita dapatkan. Sudah kita siapkan surat langsung ke Menko dan instansi teknis, Kementerian Pertanian dan Menteri Perdagangan. Insya Allah bisa kita dapatkan itu," tutur Jon. Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, pada akhir tahun 2011 Menteri Pertanian menerbitkan Permentan No. 89/2011 tentang Persyaratan Tindakan Karantina Tumbuhan untuk Pemasukan Hasil Tumbuhan Hidup Berupa Sayuran Umbi Lapis Segar.

Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan terhitung 12 Maret 2012, hanya ada tiga pelabuhan dan satu bandara yang ditunjuk sebagai pintu masuk impor sayur dan buah segar dan diatur dalam Permentan No. 15/2012 dan Permentan No. 16/2012. Pada dua aturan pengganti inilah Kawasan FTZ BBK diberi izin untuk menjadi pintu masuk sayur impor.

Sebelumnya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri mengaku khawatir bila Batam tidak diperbolehkan menjadi pintu masuk produk hortikultura tersebut mengingat tingginya kebutuhan di Batam, Bintan dan Karimun. Katua Apindo Kepri, Ir. Cahya menyambut baik peraturan tersebut dan berharap tidak ada lagi masalah mengenai impor sayur melalui Wilayah FTZ.

Selain itu Cahya mengatakan semua kewenangan pengaturan barang-barang konsumtif untuk Daerah FTZ dilimpahkan kewenangannya ke Gubernur Kepri sebagai Ketua Dewan Kawasan. "Dengan dibantu pengawasan oleh BC, BPOM, Karantina, Sucofindo dan badan-badan terkait, tetapi kuota dan kewenangan ada di Ketua Dewan Kawasan," kata dia.(Sumber:Tribun Batam)

Download Status

Arsip unduhan berisi 6 Unduhan saat ini dalam 1 Categories. Sampai saat ini, ini telah diunduh sebanyak 90 Kali.

Download Form Perizinan

Banner website