Sidebar

18
Wed, Oct
Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Berita Lokal
Typography

Karimun; Senin (28/11), BP Karimun menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Indonesia Electronic Certificate of origin (e-SKA)

selama 1 (satu) hari, di Kantor BP Karimun, Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Karimun, Poros.

Acara dibuka oleh Wakil Kepala BP Karimun, Mohammad Iqbal, dengan menghadirkan narasumber dari Kasubdit Ketentuan Asal Barang Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (DITFAS DAGLU) Kementerian Perdagangan RI, Bayu Setiawan dan dari PT. EDI Indonesia sebagai pengelola server sistem SKA online (e-SKA), Ritzka Aditya.

Pada Bimtek tersebut, Kasubdit Ketentuan Asal Barang, Bayu Setiawan, memberikan pemaparan dan penjelasan tentang pemahaman Rules of Origin (Ketentuan Asal Barang) dan Surat Keterangan Asal. Sementara pihak PT. EDII, Ritzka Aditya, memberikan pelatihan tentang system dan prosedur pengisian e-SKA, dimulai dari perusahaan yang dilanjutkan dengan verifikasi oleh IPSKA (Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal).

Bimtek yang dihadiri oleh beberapa perusahaan yang ada di Kawasan FTZ Karimun ini, sekaligus merupakan persiapan bagi BP Karimun sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal. Surat Keterangan Asal/Certificate of Origin (SKA/COO) adalah dokumen yang disertakan pada waktu barang ekspor Indonesia yang telah memenuhi ketentuan asal barang (Rules of Origin) memasuki wilayah negara tertentu yang membuktikan bahwa barang tersebut berasal dari Indonesia. (y/m)