Sidebar

18
Wed, Oct
Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Berita Lokal
Typography

Batam; Selasa (17/02), BP Karimun kembali menghadiri acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) dengan kerjasama Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, di Gedung PDSI Badan

Pengusahaan (BP) Batam. Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 123/M-DAG/PER/12/2015 yang disosialisasikan kali ini menyangkut tentang Ketentuan Pelayanan Perizinan di Bidang Ekspor dan impor melalui INATRADE dalam kerangka Indonesia National Single Window (INSW).

Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri (Ditjen Daglu), Nusa Eka, memberikan kata sambutan diikuti dengan Anggota V Deputi Bidang Pelayanan Umum, Fitrah Kamaruddin, yang sekaligus membuka acara. Pemaparan dan simulasi online serta hak akses disampaikan oleh Tim Ditjen Fasilitasi Ekspor Impor Ditjen Daglu, disertai tanya jawab.

Dalam pemaparannya, Kementerian perdagangan menyatakan telah diberikan mandat untuk menyederhanakan dan memangkas regulasi apabila dipandang tidak perlu. Melalui INATRADE yang sudah terintegrasi dengan INSW proses izin dan penyimpanan data dapat dipermudah, sehingga membantu para pelaku usaha dalam upaya mendukung kelancaran arus barang.

Untuk mendapatkan dokumen registrasi INATRADE, pelaku usaha harus mengisi form yang tersedia secara lengkap dan benar dan meng-upload dokumen seperti SIUP, TDP dan NPWP dalam bentuk PDF. Pelaku usaha yang telah diberikan hak akses akan memperoleh username dan password dari Kementerian Perdagangan, untuk selanjutnya dapat digunakan bagi pengajuan permohonan secara online. (y/m)